Bahaya Konsumsi Air Galon Palsu

loading...

Halo semuanya! Hampir semua dari kita mengkonsumsi air mineral dalam kemasan, terutama air galon untuk konsumsi sehari-hari. Tapi pernah gak sih terlintas di pikiran bahwa air yang kita minum ternyata palsu?! Wah, jadi khawatir deh. Sebenarnya, isu mengenai galon palsu ini sudah ada sejak dulu dan hal tersebut terjadi pada merk galon yang sudah lama di Indonesia. Mengutip dari suara.com, Anggota Pengurus Harian YLKI, Tubagus Haryo mengatakan bahwa fenomena galon palsu ini sudah lama. Ditambah dengan tweet dari Chef Devina Hermawan yang menjadi viral, lantaran cuitan tersebut menyinggung mengenai pengungkapan kasus tindak pidana perlindungan konsumen dan pangan oleh Polres Cilegon, Polda Banten. 


Dalam video tersebut, sangat mudah sekali membuka kemasan galon, sehingga air kemasan mudah untuk dipalsukan. Tweet tersebut langsung membuat kekhawatiran aku dan keluarga yang memang setiap hari konsumsi air galon. Tentunya dengan berita tersebut, jadi khawatir apakah air yang kami minum ini adalah asli atau malah palsu? Apalagi, pemalsuan galon dan air kemasan tersebut terjadi pada sebuah merk galon yang sudah lama di Indonesia. Apakah bahaya isi galon palsu bagi kesehatan?


Menurut Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tyahyo Untoro, modus yang dilakukan oleh pelaku adalah mengganti isi kemasan tersebut dengan air yang bersumber dari depot air. Membayangkannya saja bikin ngeri, khawatir bahwa yang kami minum malah membahayakan kesehatan.


Nah, bagaimana caranya membedakan yang palsu dan yang asli?

Cara Membedakan Galon Palsu dan Asli

Dengan kejadian tersebut, konsumen tentunya sangat dirugikan. Tubagus Haryo, Anggota Pengurus Harian YLKI juga meminta pihak produsen untuk merespon dan memberikan solusi pemberitaan yang beredar dari tindakan pemalsuan yang terjadi.
Pihak produsen meminta konsumen untuk selalu melakukan pengecekan sebelum membeli air galon dengan menyamakan nomor kode produksi yang berada pada galon, mengecek apakah segel melekat kuat, dan tak lupa mengecek tanggal produksi serta tanggal kadaluarsa.


Namun, solusi tersebut tidak cukup menjawab pertanyaan konsumen akan keamanan dari galon tersebut. Menurut aku pribadi, justru belum bisa maksimal karena pemalsuan bisa dilakukan dengan isi air dari galon merk ternama tersebut, yang bisa saja merupakan oplosan air isi ulang dari depot air.


YLKI ikut andil untuk mendesak produsen segera mengevaluasi kejadian ini dengan cara memperhatikan pendistribusian maupun kualitas produknya dengan mengubah segel kemasan dengan teknologi yang meminimalisir oknum kejahatan untuk melakukan pemalsuan lagi.

Jadi Konsumen Yang Cerdas

Kekhawatiran kita dengan adanya galon palsu yang beredar, apalagi dioplos dan menggunakan galon dari brand ternama, tentu membuat kita gusar. YLKI memberikan panduan untuk konsumen dalam memilih air kemasan. 

  1. Secara fisik, air mineral palsu memiliki warna agak keruh. Konsumen sebaiknya mengocok air terlebih dahulu. Apabila warna air tetap keruh dan tidak berubah jernih, maka jangan dikonsumsi.

  2. Air mineral palsu, akan memiliki bau yang berbeda. Syarat air bersih adalah tidak berbau, tidak berwarna dan tidak memiliki rasa yang mengganggu di lidah.

  3. Air mineral palsu pada saat diminum akan meninggalkan kesat di langit-langit mulut, seperti ada sensasi berdebu. Sedangkan yang asli akan menciptakan rasa yang menyegarkan pada saat diminum.

  4. Konsumen perlu lebih teliti dalam mengecek tanggal produksi dan kadaluarsa terutama pada air galon yang akan dibeli. Jangan membeli apabila kemasan tidak tertutup sempurna / bocor, karena air sudah terkontaminasi dan bisa membahayakan kesehatan.



Air mineral palsu tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan. Makanya, kita harus semakin cerdas sebagai konsumen terutama dalam mengecek apapun yang akan kita konsumsi. Bahaya yang harus ditanggung konsumen cukup besar apabila mengkonsumsi air kemasan  palsu. Biasanya air galon palsu ini tidak melalui sistem penyaringan dan disinfeksi yang sesuai dengan standar, sehingga bakteri dan kuman yang mengkontaminasi air tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penyakit lainnya dalam tubuh manusia. Belum lagi kemasan galon yang palsu yang tidak terstandar, sehingga bahan kimianya bisa ikut terbawa air dan dikonsumsi oleh masyarakat.


YLKI juga menghimbau produsen minuman kemasan galon merk ternama tersebut untuk lebih waspada melakukan teknologi perlindungan kemasan dan membuat segel kemasan yang tidak mudah ditiru. Supaya lebih aman lagi, sebaiknya kita membeli air galon asli di Supermarket atau Minimarket atau di agen resmi yang selalu memantau kualitas barang sebelum dipasarkan. Dan kita sebagai konsumen, harus lebih bijaksana dan cerdas dalam membeli produk yang hendak kita konsumsi.


Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilihan AC Hemat Listrik untuk Keluarga

X-TEN, OLI DENGAN HARGA MURAH TAPI BERKUALITAS DI PLANET BAN